UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA CHAMPIONSHIP 2023

  • PDF

 

UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA CHAMPIONSHIP 2023

 PSHT

            Dalam rangka mendukung tercapainya Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang Unggul, Tangguh, dan Mandiri, UKM PSHT UTM menyelenggarakan Universitas Trunojoyo Madura Championship 2023 dengan tema “Budayakan Prestasi dan Prestasikan Budaya”.

            Acara dilaksanakan di Gedung Pertemuan UTM RP Muhammad Noer pada Hari Senin dan Selasa tanggal 25-26 Desember 2023. Kategori kelas terdiri dari: tanding, seni tunggal, dan solo kreatif. Kategori usia terdiri dari: usia dini, pra remaja, remaja, dewasa, dan umum. Jumlah peserta sebanyak 546 orang dari wilayah Provinsi Jawa Timur, bahkan ada peserta dari Kualalumpur Malaysia.

Acara didukung oleh : Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Polres Bangkalan, Polda Jatim, Dinas Kesehatan Bangkalan, BPJS Bangkalan, Pertamina, Indosat, Cleo, UMKM, dan lainnya.

Kegiatan Universitas Trunojoyo Madura Championship 2023 bertujuan untuk melestarikan Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia yang telah dinobatkan oleh UNESCO pada tahun 2019 pada acara Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage yang berlangsung di Kolombia. Selain itu acara ini juga bertujuan untuk menjaring minat calon mahasiswa baru UTM jalur prestasi dan membentuk karakter mahasiswa UTM yang Unggul, Tangguh, dan Mandiri.

Pencak silat sebagai budaya tradisional telah berkembang pesat di Indonesia termasuk Madura. Berdasarkan catatan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia), sampai dengan tahun 2023, jumlah perguruan pencak silat di Indonesia telah mencapai lebih dari 800 perguruan. Jumlah perguruan pencak silat di Madura mencapai lebih dari 80 perguruan.

Prestasi pencak silat Indonesia selama ini telah diakui oleh dunia, dengan demikian prestasi pencak silat mempunyai potensi yang besar untuk mendukung prestasi mahasiswa UTM di tingkat nasional dan internasional.

 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh